Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi

Kegiatan pendidikan di perguruan tinggi dilaksanakan dengan menggunakan sistem kredit dan waktu penyelenggaraannya diatur dengan menggunakan sistem semester. Dalam sistem kredit, perencanaan, penyusunan, dan pelaksanaan program pendidikan menggunakan kredit sebagai tolok ukur beban pendidikan terutama yang menyangkut beban studi mahasiswa.

Sistem Semester

Sistem semester adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan dengan menggunakan satuan waktu terkecil setengah tahun yang disebut satu semester. Semester adalah satuan waktu kegiatan yang terdiri atas 18-20 minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya, berikut kegiatan iringannya termasuk 2-3 minggu penilaian.

Sistem Kredit

Sistem kredit adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan Satuan Kredit Semester (SKS) untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, dan beban penyelenggaraan program. Dalam sistem kredit, beban studi yang harus diselesaikan oleh mahasiswa pada suatu jenjang studi dinyatakan dalam bentuk sejumlah kredit. Misalnya, jika kalian memilih program D-1, jumlah kredit yang harus kalian tuntaskan adalah 40-50 SKS. Sementara itu, jika kalian memilih program S-1, jumlah kredit yang harus kalian penuhi sebagai syarat kelulusan adalah 144-160 SKS.

Berdasarkan adanya perbedaan minat, bakat, dan kemampuan antara mahasiswa yang satu dengan yang lain, maka baik cara dan waktu untuk menyelesaikan beban studi maupun komposisi kegiatan studi untuk memenuhi beban studi yang diwajibkan tidak harus sama bagi setiap mahasiswa, meskipun mereka duduk dalam jenjang pendidikan yang sama. Jadi, sangat besar kemungkinan jenis dan jumlah mata kuliah yang kalian pilih berbeda dengan teman kalian meskipun kalian berada dalam program studi dan angkatan yang sama.

Penyelenggaraan pendidikan dengan sistem kredit ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada kalian yang cakap dan giat belajar agar dapat menyelesaikan studi dalam waktu yang secepat-cepatnya. Di samping itu, juga untuk memberikan kesempatan kepada kalian agar dapat mengikuti kegiatan pendidikan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan kalian.

Satuan Kredit Semester (SKS)

Beban pendidikan yang menyangkut beban studi mahasiswa dan beban mengajar dosen, memerlukan ukuran. Ukuran ini dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester (SKS). Jumlah SKS untuk masing-masing kegiatan pendidikan ditentukan oleh jumlah jam yang digunakan untuk kegiatan itu. Satu SKS terdiri atas tiga macam kegiatan per minggu yang meliputi 50 menit acara tatap muka terjadwal dengan dosen, 60 menit kegiatan akademik terstruktur yang direncanakan oleh dosen (misalnya membuat pekerjaan rumah atau menyelesaikan soal-soal), dan 60 menit acara kegiatan akademik mandiri (misalnya membaca buku acuan kuliah).

Dalam satu semester, kalian menentukan sendiri beban studi maupun susunan kegiatan studi tersebut. Beban dan susunan kegiatan tersebut bergantung pada minat, bakat, dan kemampuan kalian. Jumlah SKS yang dapat diambil dalam satu semester bervariasi antara 0 sampai dengan 24 SKS. Hal itu tergantung pada hasil studi pada semester sebelumnya yang diukur dengan Indeks Prestasi (IP). Semakin bagus IP kalian pada semester sebelumnya, semakin tinggi jumlah SKS yang boleh kalian ambil pada semester yang bersangkutan.

Ujian dan Penilaian

Ujian di perguruan tinggi dapat dilaksanakan dengan berbagai macam cara, seperti ujian tulis, ujian lisan, ujian dalam bentuk seminar, ujian dalam bentuk penulisan karangan, dan sebagainya. Ujian dapat juga dilaksanakan dengan berbagai kombinasi cara-cara tersebut. Cara ujian yang digunakan disesuaikan dengan sifat kegiatan pendidikan. Biasanya, ujian dilakukan lebih dari satu kali.

Hasil dari keseluruhan ujian tersebut disatukan dalam sebuah sistem penilaian untuk menentukan prestasi setiap mahasiswa untuk program studio tertentu pada akhir semester. Penilaian tersebut diwujudkan dalam bentuk A (amat baik), B (baik), C (cukup baik), D (kurang baik), dan E (jelek).

Evaluasi Hasil Studi

Di setiap perguruan tinggi evaluasi hasil studi dilaksanakan secara rutin tiap akhir semester. Untuk mahasiswa program sarjana, evaluasi penentuan hasil studi juga dilaksanakan pada akhir empat semester pertama, akhir delapan semester, dan akhir program studi. Dari evaluasi hasil studi diketahui keberhasilan hasil studi setiap mahasiswa yang dinyatakan dalam Indeks Prestasi (IP). Untuk menghitung IP, nilai huruf diberi bobot dalam bentuk angka seperti daftar berikut.

NILAI HURUF NILAI ANGKA
         A          4
         B          3
         C          2
         D          1
         E          0

Dengan menggunakan nilai bobot di atas, penghitungan IP didapatkan dengan menjumlahkan seluruh hasil kali antara besarnya SKS (S) dengan nilai untuk masing-masing mata kuliah (N) yang diambil, dibagi jumlah seluruh SKS yang diambil. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat contoh perhitungan pada tabel di bawah ini.

NO. MATA KULIAH BESAR SKS MATA KULIAH (S) TOTAL NILAI UJIAN BOBOT NILAI HASIL UJIAN
1. Mata Kuliah 1                       3               A          4           12
2. Mata Kuliah 2                       2               B          3            6
3. Mata Kuliah 3                       3               C          2            6

Jadi, IP yang diperoleh adalah 24 : 8 = 3,0
IP terendah seorang mahasiswa adalah 0, sedangkan IP terbaik yang mungkin dicapai oleh seorang mahasiswa adalah 4.

Evaluasi Akhir Semester

Evaluasi akhir semester dilakukan tiap akhir semester secara rutin meliputi mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa selama semester yang berlaku. Hasil evaluasi ini terutama digunakan untuk menentukan beban studi yang boleh diambil pada semester berikutnya pada program sarjana.

  • Jika IP kalian diatas 3,00, maka untuk semester berikutnya kalian bisa mengambil 21-24 SKS
  • Jika IP kalian 2,50-2,99, maka untuk semester berikutnya kalian bisa mengambil 18-21 SKS
  • Jika IP kalian 2,00-2,49, maka untuk semester berikutnya kalian bisa mengambil 15-18 SKS
  • Jika IP kalian 1,50-1,99, maka untuk semester berikutnya kalian bisa mengambil 12-15 SKS
  • Jika IP kalian dibawah 1,50, maka untuk semester berikutnya kalian hanya boleh mengambil 12 SKS

Evaluasi Empat Semester Pertama

Pada program sarjana, setelah empat semester pertama, kalian diharapkan telah mengumpulkan sekurang-kurangnya 30 SKS dan mencapai IP kumulatif minimal 2,00. Apabila kalian tidak memenuhi persyaratan tersebut, kalian dinyatakan mengundurkan diri dari program studi.

Evaluasi Delapan Semester

Di akhir semester kedelapan program sarjana, kalian diharapkan telah memperoleh sekurang-kurangnya 80 SKS dengan IP kumulatif 2,00. Jika kalian tak memenuhi persyaratan tersebut, kalian akan diberi peringatan dan perhatian khusus untuk memperlancar studi kalian.

Evaluasi Akhir Program

Jumlah SKS yang harus kalian kumpulkan untuk menyelesaikan program sarjana berkisar antara 144-160 SKS. Jumlah SKS tersebut sudah termasuk SKS dari tugas akhir. Kalian dianggap telah menyelesaikan program sarjana apabila kalian telah menyelesaikan semua mata kuliah wajib dan pilihan yang dipersyaratkan, menyelesaikan tugas akhir, IP kumulatif minimal 2,00; tidak ada nilai E, dan jumlah SKS dengan nilai D tidak lebih dari 25 persen jumlah SKS total.

Predikat Kelulusan

Setelah kalian memenuhi seluruh persyaratan untuk menyelesaikan program sarjana, maka kalian akan mendapat gelar sesuai dengan program studi kalian. Pada saat dinyatakan lulus kalian akan diberi predikat kelulusan sebagai berikut :

  1. Dengan pujian (cum laude), apabila IP kumulatif kalian 3,51-4,00 dan masa studi kalian jalani maksimum sejumlah semester terprogram ditambah dua semester.
  2. Sangat Memuaskan, apabila IP kumulatif kalian minimal 2,76-3,50.
  3. Memuaskan, apabila IP kumulatif kalian minimal 2,00-2,75

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s