Membuat Career Mind Map

Banyak orang merasa bingung ketika dihadapkan pada kenyataan masa depan, “mau dikemanakan arah hidup kita”. Itulah mengapa kita perlu peta dalam hidup kita. Peta perjalanan hidup itu digambarkan dalam suatu peta karier. Seperti misalkan orang yang ingin pergi ke suatu tempat, maka ia perlu memikirkan tujuan perginya, bagaimana cara sampai pada tujuan, jalan-jalan  mana saja yang harus dileati agar cepat sampai tujuan. Begitupun hidup, harus jelas arah tujuannya, jalan-jalan mencapai tujuan, dan bagaimana cara mencapai tujuan hidup. Pertanyaan terakhir, bagaimana cara mencapai tujuan hidup dapat dijelaskan melalui karier.

A. Peta Karier

Peta karier adalah gambaran masa depan yang Anda tuliskan secara konkret dan nyata. Peta karier bukan sekedar pencapaian karier pada masa jangka pendek atau pada saat menjalankan suatu pekerjaan. Saat ini ketika ada sedang belajar di SMA/SMK pun itu adalah sebuah langkah-langkah dalam pencapaian karier.

Di dalam karier kita mengenal ada karier awal, jalan-jalan karier dan karier puncak. Karier adalah serangkaian proses untuk mencapai cita-cita kita. Maka untuk dapat berkarier kita harus mempunyai impian dan cita-cita terlebih dahulu. Karier itu diwujudkan dalam suatu pekerjaan, atau aktifitas-aktifitas tertentu. Dalam pengertian ini, karier berarti tidak diartikan secara sempit yaitu berhubungan dengan pekerjaan saja yang dapat menunjang kebutuhan-kebutuhan pribadi.

Karier awal adalah awal mula kita memulai perjalanan karier, setelah melalui serangkaian proses belajar/studi karier (pre-service training). Jalan-jalan karier adalah perjalanan karier menunuju pada karier puncak. Sementara karier puncak adalah karier yang menjadi idaman atau cita-cita kita. Dalam tempo ini karier awal hingga karier puncak dapat mencapai waktu sepanjang hayat (Long life). Karier puncak terletak dimasa-masa akhir usia. Misalkan pada usia 40-60 tahun.

Peta karier berisi rencana pengembangan diri yang perlu ditempuh untuk kemajuan karier. Peta karier bisa menjadi alat agar Anda lebih terarah merealisasikan target karier di masa mendatang.

Peta karir membuat perjalanan Anda menuju puncak bisa lebih cepat. Anda dapat mengukur potensi diri dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan Anda, sehingga pengembangan diri pun menjadi lebih terarah. Anda dapat mengetahui, training dan tambahan keahlian apa yang paling tepat untuk Anda.

Lantas, kapan waktu yang tepat membuat peta karier? Idealnya, memang lebih baik dirancang sedini mungkin, sebelum memasuki dunia kerja. Adanya peta karier justru bisa membuat Anda terhindar dari kelumpuhan karier, yaitu ketika dinamika kerja seseorang sudah tidak lagi bergerak. Tanda-tanda umum dari kondisi ini antara lain telah mendiami posisi dan tanggung jawab kerja yang sama dan tak ada peningkatan dalam kurun waktu terlalu lama, mulai merasa tak bergairah kerja sehingga motivasi dan semangat meraih prestasi kerja rendah, dan cenderung melakukan kritik terhadap lingkungan kerja.

B.  Cara Membuat Peta Karier

1.   Tentukan dahulu cita-cita Anda. Apa yang menjadi mimpi yang paling Anda ingin capai dalam hidup ini. Tuliskan cita-cita tersebut di bagian tengah kertas dalam suatu ruang, misalkan bentuk awan.

2.   Aktifitas-aktifitas dan  pekerjaan apa saja yang dapat menunjang cita-cita Anda. Misalkan Anda menetapkan cita-cita Anda adalah membangun pendidikan di Indonesia, maka jenis jabatan yang dapat melakukan itu adalah menteri pendidikan (tetapkan menteri pendidikan sebagai karier puncak)

3.   Tetapkan jalan-jalan yang harus Anda lewati untuk meraih karier puncak tersebut, termasuk studi karier, dan pekerjaan/jabatan yang menunjang untuk mencapai karier puncak step by step mulai dari yang paling rendah hingga bertingkatMisalkan untuk mencapai karier puncak sebagai menteri pendidikan maka Anda dapat memilih studi di FKIP, menjadi guru, kepala sekolah, pengawas, kepala dinas kota, provinsi, dan berkarier di kementerian/departemen pendidikan nasional kemudian menjadi menteri pendidikan.

4.   Tetapkan pula berapa tahun target Anda pada setiap target-target kecil yang Anda buat di jalan-jalan karier, dan berapa lama karier puncak Anda akan terealisasi. Target ini penting untuk memacu Anda tetap terdorong merealisasikan karier Anda apapun hambatan dan kesulitannya.

5.   Agar peta karier yang Anda buat, manarik tambahkan gambar2, tulis dengan spidol berwarna, tambahkan garis-garis untuk menghubungkan karier yang satu dengan yang lain. Sehingga tampak peta karier Anda adalah suatu jalinan yang utuh dan nyata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s