Jenis bidang usaha

Semakin berkembang hidup dan kehidupan ini, semakin bertumbuh juga jenis usaha yang yang dikembangkan orang, dan semakin beragam pula jalur karir yang dapat menjadi pilihan. Usaha-usaha yang telah lama ada dapat disususn kategorinya berdasarkan karakteristiknya. Menurut bidangnya, usaha secara garis besar dapat dibagi menjadi:

  1. A.    Agroindustri (pertanian)

Tentu saja berkarir di bidang ini tidak otomatis sama dengan menjadi petani dalam arti ikut berbecek-becekturun ke sawah untuk mencangkul, menanam, dan memanen hasil tanaman, melainkan lebih sebagai pengelola usaha yang berkaitan dengan budi daya tanam-tanaman, termasuk padi, jagung, teh, kelapa sawit, dan lain-lain. Budidaya tanaman potong pun tergolong bisnis agroindustri yang menunggu dibenahi. Agar sukses berkarir dalam bidang agrobisnis ini, diperlukan pengetahuan dan pengalaman. Orang yang menyandang gelar sarjana pertanian atau biologi tumbuhan tentulah calon yang paling berpeluang sukses masuk berkarir ke dalam bidang agroindustri.

Mengingat salah satu sifatnya, yaitu membutuhkan waktu untuk tumbuh dan sangat bergantung kepada keadaan serta perubahan alam, agroindustri perlu ditekuni relatif lama oleh mereka yang ingin membina karir di bidang ini. Hidup jauh dari agroindustri terhadap mereka yang sungguh-sungguh ingin berkarir.

Sarjana pertanian tentu menjadi kandidat yang paling berpeluang mengembangkan diri dalam industri agrobisnis ini. Karir prospektif yang terbuka antara lain menjadi manajer atau direktur perkebunan. Sarjana biogenetika(khususnya tumbuh-tumbuhan) juga sangat dibutuhkan dalam bisnis agroindustri. Kita selalunmenantikan hadirnya bibit unggul yang berbuah/berbunga banyak, tahan penyakit, dan frekuensi panennya semakin pendek.

  1. B.     Ecer/ retail(distribusi)

Secara garis besar, pendistribusian dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan).Dalam pelaksanaan aktivitas-aktivitas distribusi, perusahaan kerapkali harus bekerja sama dengan berbagai perantara (middleman) dan saluran distribusi (distribution channel) untuk menawarkan produknya ke pasar.

Barang yang sampai di tangan konsumen telah melalui rantai distribusi panjang sebelum disalurkan lewat mata rantai, yaitu sarana pengecer(grosir, toko, supermaket). Seiring dengan tumbuhnya. Jaringan pengecer, termasuk masuknya pengecer besar asing yang kini sudah beroperasi disini dengan segala kemegahannya, karir dalam bidang usaha retail menjadi terbuka lebar, walaupun sangat mengerucut ke atas.

Pada jalur yang sejajar dengan bisnis eceran, berpacu usaha distribusi (terutama bisnis consumer goods) dengan kesiapan armadanya. Ada kalanya pabrik hanya memproduksi tetapi tidak menjual produknya langsung ke pasar, melainkan menyerahkan distribusi dan penjualannya kepada pihak lain, yaitu perusahaan distribusi. Sebaliknya perusahaan distribusi lazimnya hanya menjalankan perannya sebagai pembagi dan penjual, tetapi tidak memproduksi. Pabrik dan perusahaan distribusi menjadi dua sisi wajah pada satu keping mata uang yang saling melengkapi. Jika keduanya dapat bekerja sama dengan aktif, mereka akan membentuk sinergi yang ideal.

Karir dalam bidang distribusi dan retail biasanya menanjak seiring dengan pengalamanyang diperoleh selama menjalani karir. Strategi distribusi dan pengeceransuatu jenis komoditi tentu berbeda dengan komoditi lain. Target dan segmentasi pasar masing-masing produk juga berbeda-beda. Lulusan semua jurusan dapat ditampung berkarir dalam bidang usaha distribusi dan ecer yang terutama mensyaratkan ketekunan ini. Untuk berkarir dalam bidang eceran tidak mensyaratkan pendidikan khusus. Sarjana S1 dari semua bidang berkesempatan mencoba membina karir dalam bisnis retail ini. Sebaiknya seseorang bekerja keras yang tekun karena dalam operasionalnya bisnis yang juga mengendalikan distribusi ini agak monoton.

Orang yang memahami keuangan, akuntansi, audit, riset pasar, organisasi gudang akan menikmati karir dalam bidang eceran ini. Belum disebut posisi sebagai salesperson, supir, pramuniaga, atau kasirtoko yang bisa diisi oleh siapa saja. Dalam jenis bidang usaha ini seseorang harus siap berpindah-pindah tempat kerja mengingat biasanya bisnis retail cenderung mengembangkan usahanya ke kota-kota lain.

  1. C.    Industri

Industri banyak jenisnya misalnya industri logam, kayu, kimia, farmasi, tekstil, makanan dan minuman, serta elektronik. Ringkasnya, semua pabrik yang mengoperasikan mesin-mesin untuk menghasilkan suatu produk dapat digolongkan sebagai usaha industri.

Karir menanjak dalam bidang industri teristimewa terbuka bagi para lulusan bidang teknik dan ekonomi. Karena teknologi berkembang sangat pesat, ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah atau sekolah umumnya sudah agak tertinggal dengan kemajuan di lapangan, sehingga selalu perlu memperdalampengetahuan sambil berkarir dalam bidang industri. Perlu dicermati bahwa jenis usaha industri berkembang silih berganti. Suatu waktu industri tekstil berkembang pesat, lain kali industri makananmeroket, beberapa saat kemudian barangkali giliran industri farmasi mendapat angin. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi pasang-surut dunia industri.

Apabila tertarik dalam hal mengembangkan produk, maka pilihlah berkarir di jajaran produksi dalam bidang industri. Pabrik farmasi membutuhkan seorang dokter atau apoteker yang dapat melakukan penelitian dan menciptakan obat baru. Industri makanan ringan memerlukan sarjana teknologi pangan yang pandai meracik kudapan (=snack). Sarjana kimia atau elektro juga sangat dibutuhkan dalam sektor industri. Umumnya sektor fabrikansi mencari lulusan teknik yang hobi mengutak-atik serta sanggup merawat mesin produksi. Industri juga selalu punya sisi ekonomi. Barang yang diproduksi harus bisa dijual. Pada sisi inisetiap orang berkemampuan menjual dapat berkarir. Tidak selalu disyaratkan pemahaman tentangmesin tenun atau rajut kalau hanya untuk menjadi manajer penjualan produk tekstil.

  1. D.    Informasi, hiburan dan siaran

Industri pers di sini dikategorikan sebagai usaha dalam bidang informasi, meskipun sebetulnya dekat juga pada bidang usaha pendidikan dan siaran. Menjadi wartawan adalah salah satu pilihan karir dengan sasaran puncak karir idealis menjadi editor kepalaatau pimpinan redaksi suatu penerbitan pers (surat kabar, majalah, atau tabloid). Menilik sarana penyampaiannya, usaha informasi pers terbagi menjadi: media massa tulis dan media massa elektronik (radio dan televisi). Keduanya masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan, namun peluang dan posisi karir yang ditawarkan relatif sama.

“No business like show business”. Demikian penggalan kalimat yang amat populer. Memang industri hiburan berjalan terus, terlebih-lebih pada zaman sekarang. Meskipun tidak ada syarat keilmuan tertentu, biasanya bidang hiburan hanya sukses digeluti oleh orang-orang yang memahami bagaimana melayani. Industri hiburan menvakup banyak hal. Mulai mendatangkan artis dari luar negeri, mengorganisasi tour group musik, mementaskan seorang diva, sampai sekedar mengelola night club bisa dianggap sama berkarir dalam bidang hiburan.

Bisnis hiburan berubah sangat cepat. Misalnya saja bisnis bioskop, kelompok 21 memang sukses mengelola bioskop, tetapi  kekuatan yang ada di belakangnya adalah bisnis monopoli impor film. Industri ini sempat surut saat teknologi VCD/DVD dan home theatre masuk rumah, tetapi belakangan mulai panas kembali setelah gedung bioskop di up-grade kenyamanannya. Bisnis siaran pun sedang berkembang, kira-kira 15 tahun yang lalu kita hanya bisa menikmati acara dari 1 stasiun televisi resmi yang mengudara kurang dari 10 jam sehari semalam. Sekarang kita dapat menangkap siaran dari 12 stasiun televisi yang diantaranya siaran 24jam non-stop.

Industri siaran televisi yang tumbuh cepat tentu membutuhkan profesional cukup banyak, mengingat skala usaha ini pun tidak kecil. Stasiun televisi perlu memproduksi acara, menghimpun berita, dan menjalininteraksi langsung dengan banyak pihak. Bermacam-macam aktivitas ini memetakan alur tersendiri menuju puncak sebagai kepala seksi atau direksi. Dalam satu dasawarsa tahun ke depan pun industri bidang siaran ini masih menjanjikan peluang karir menarik, terutama bagi mereka yang percaya terhadap teknologi informasi dan industri hiburan.

Informasi, hiburan, dan siaran jika disatukan maka menjadi televisi. Industri televisi menyerap tenaga profesional dari bermacam-macam bidang. Mulai dari ahli komunikasi, bintang-bintang presentasi, sampai teknisi.

Untuk bekerja di depan layar dalam industri media dan televisi unik yang dapat “dijual”. Atau pilihlah berkarir di belakang layar dengan mempertautkan media dengan berjneis-jenis bidang usaha lain yang mendukung.

  1. E.     Jasa, pariwisata dan survei

Sektor pariwisata tergolong usaha jasa. Sekarang bahkan ada sekolah tinggi pariwisata untuk menampung minat orang yang mempunyai minat membangun karir di bidang jasa pariwisata. Sekolah tinggi pariwisata selain mendidik mahasiswanya untuk menduduki suatu jabatan di sektor pariwisata, juga memberi wawasan bagi mereka untuk mengambil peran mengembangkan potensi pariwisata

Lulusan sekolah tinggi pariwisata bisa mengembangkan karir dibidang perhotelan merupakan salah satu bidang utama dalam kelompok usaha pariwisata ini. Kalau punya kesempatan dan sanggup mendirikan outbond bisa menjadi salah satu pilihan karir independen yang menarik. Usaha angkutan truk, bis atau taksi tergolong usaha transportasi darat. Di laut beroperasi kapal dan udara beterbangan kapal terbang. Menjadi kapten atau pilot merupakan karir yang terpandang walaupun mengisyaratkan diperlukannya pendidikan tertentu.

Mengikuti tata karama dagang, diantara pembeli(importir) di satu pihak dan penjual(eksportir) di pihak lain berdiri “surveyor” (perusahaan jasa survei) yang memeriksa dan merekomendasikan atas hasil survey. Contohnya sucofindo, carsurin atau sama dengan direktorat bea cukai yang mewakili negara.

Supveyor sudah terlibat pada saat barang akan diekspor dimasukkan(stuffing) ke kontainer. Setelah diperiksa,surveyor memasang segel pada kontainer yang bersangkutan. Bila barang tiba di tempat tujuan, surveyor pula yang mempunyai otoritas membuka dan memeriksa. Surveyor bekerja berdasarkan komisi.

Untuk komoditas tertentu biasanya surveyor memiliki ahlinya dan dapat berakses ke laboratorium tertentu. Perusahaan surveyor membutuhkan tenaga ahli di bidangnya umumnya menyangkut produk pertanian, kimia, barang tambang dan komoditas lainnya.

  1. F.     Kesehatan

Membangun dan menjalankan rumah sakit, klinik, dan laboratorium tergolong bisnis dalam bidang kesehatan. Apotek atau toko obat dapat dikategorikan sebagai bisnis yang berkaitan dengan bidang kesehatan.

Salah satu bisnis kesehatan yang juga populer yaitu klinik pelangsingan badan. Klinik jenis ini ada yang mengandalkan program diet, memberi obat-obatan, sampai menggunakan alat teknologi canggih. Klinik perawatan wajah juga menjamur , dan juga menuntut pengetahuan yang memadai di bidangnya. Salah memberi saran, kurang teliti dalam diagnosis, atau keliru meresapkan obat bisa berakibat fatal. Bisnis dalam bidang kesehatan sangat beresiko jika ditinjau dari segi tanggung jawabnya.

Pada skala bisnis dalam bidang kesehatan ini mengacu pada pabrik farmasi atau obat yang kemudian berkembang menjadi konglomerat. Pabrik farmasi atau obat modern sekarang menghasilkan banyak varians produk, mulai dari obat gosok hingga makanan/minuman kesehatan, terutama vaksin hewan.

  1. G.    Keuangan, perbankan, dan sekuritas

Usaha dalam bidang keuangan yang dimaksudkan disini antara lain penanaman modal yang dilaksanakan perusahaan sekuritas dan dibedakan dengan bank. Di negara maju yang pasar modalnya sudah berkembang mapan, lama, serta terpercaya,  karir di bidang keuangan(sekuritas)dan pasar modal sangat cerah.

Karir di bidang perbankan memang cukup cerah dan dekat sekali dengan uang.tetapi ladang yang luas ini juga digarap ramai-ramai oleh banyak orang sementara sama dengan bidang usaha lain, posisi dalam perbankan pun bersifat mngerucut di atas, sehingga melahirkan kompetisi yang cukup berat.

Meskipun orang dengan latar belakang ekonomi diramalkan bakal lebih mulusconduit-nya, umumnya siapa saja dapat berkarir di bidang perbankan. Pengalaman memegang peran dalam percaturan karirbidang perbankan. Mengingat pesatnya ekspansi perbankan dewasa ini diperlukan banyak bankir berpengalaman untuk mengisi posisi di cabang-cabang.produk perbankan juga semakin variatif. Disamping produk klasik deposito,kini produk-produk bank yang gencar ditawarkan antara lainpemilikan kartu debit/debet, kredit pemilikan rumahdan kendaraan, kredit investasi, kredit modal kerja, serta reksadana. Menjadi karir fantastis bagi lulusan bidang studi apa saja.

  1. H.    Komputer dan teknologi

Basis dari seluruh bisnis teknologi informasi adalah komputer, kenyataannya sekarang memang hampir pada semua sektor bisnis telah dilakukan komputerisasi. Usaha perkomputeran sudah menjadi sangat populer dan kini tidak lagi dipandang sebagai sarana berteknologi tinggi. Usaha di bidang teknologi tinggi akan terus berkembang dan memerlukan manusia-manusia cerdas berdedikasi tinggi. Teknologi tinggi lintas sektoral juga sudah memperlihatkan kedigjayaannya. Tengoklah peran komputer dalam tiap-tiap celah kehidupan.

Jika anda mempunyai ilmu cukup, berkarir di komputer dan teknologi tinggi sangat prospektif mengingat dunia semakin hari berkembang menjadi semakin modern yang juga berarti sangat mengandalkan teknologi. Lihat saja mesin ATM, pada tahun1995 baru diperkenalkan dan dioperasikan pada satu bank dengan unit terbatas. Sekarang hampir semua bank sudah memilikinya dalam unit ribuan.selain perbankan, banyak jenis usaha yang bakal mengandalkan kemampuan teknologi tinggi untuk berkembang pada masa depan, untuk berkarir dalam bidang komputer dan teknologi seseorang mesti memiliki ilmu memadai yang slit didapatkan dari sekadar latihan. Sarjana ilmu komputer atau bidang teknologi tinggi punya peluang karir yang sangat cerahbaik di sektor komersial maupun ilmiah karena tidak tersaingi oleh sembarang orang.

  1. I.       Kreatif

Membuat film termasuk usaha bidang kreatif, baik film layar lebar, format televisi, animasi, maupun iklan. Selain ini pekerjaan merancang poster, membuat timbul untuk papan nama, atau mendekor panggung pesta pernikahan juga tergolong usaha kreatif, meskipun bukan karir besar. Dalam perusahaan iklan terdapat banyak posisi yang dapat dicoba oleh mereka yang memilih jalur kreatif dalam membina karir. Semua usaha yang mengandalkan energi mencipta”dari tidak ada menjadi ada” adalah karir kreatif.

Dalam konteks karir independen, menjadi pelukis, pemusik, atau menjadi pemain drama adalah karir kreatif. Diperlukan bakat seni dalam hal membina karir di jalur kreatif ini. Dalam bisnis komersial, biro iklan menunggu dan menantang orang kreatif. Dalam berkarir di biro iklan maka dapt memulai menjadi copy writer(penulis naskah iklan) atau perancang story board dalam menuangkan ide-ide kreatif. Jika berhasil anda akan menduduki jabatan kreative atau art director, suatu posisi yang memungkinkan berkreasi tidak terbatas. Baik biro iklan production house, maupun bisnis pentas merupakan ladang yang subur bagi berseminya bibit-bibit kreatif orang berbakat musik.

  1. J.      Pendidikan

Karir di bidang pendidikan lazimnya langsung ditafsirkan identik dengan menjadi guru atau dosen. Namun masih banyak pos dalam suatu sekolah atau perguruan tinggi yang dapat diisi orang selain sebagai pengajar. Sekolah dan perguruan tinggi tentu juga tentu banyak memerlukan staf dan manager selain guru dan dosen. Institusi pendidikan sudah tidak segan-segan “menjual diri” dan merekrut orang untuk diserahi jabatan marketing manajer. Sudah bukan rahasia lagi bahwa institusi pendidikan telah dikelola layaknya sebuah perusahaan yang notabene harus menghasilkan laba. Bidang pendidikan sudah tentu menyediakan banyak peluang karir bagi mereka yang berhasrat mengabdi menjadi tenaga pengajar, dan bisa memilih jenjang yang disukai mulai dari SD sampai perguruan tinggi sesuai dengan pendidikan yang dimiliki

  1. K.     Pertambangan

Perusahaan yang mengeksplorasi energi bumi masih mempunyai pamor mengingat megara Indonesia kaya akan bahan tambang. Di luar minyak bumi yang akan menjadi primadona, ada tambang batubara, timah, emas, tembaga, gas alam dan lain-lain, yang bernilai ekonomis tinggi. Iklan-iklan perusahaan pertambangan asing yang bekerja sama dengan pemerintahserta memiliki konsesi tambang muncul setiap minggu di surat kabar nasional. Umumnya yang dicari adalah tenaga bergelar sarjana geologi atau pertambangan untuk pekerjaan teknis dan manajerial. Karir di perusahaan kongsi asing yang mengusahakan energi alam( caltex, freeport, newmont) bersinar cerah. Umumnya usaha dalam bidang tambang sama denganbisnis investasi jangka panjang dan memerlukan kesabaran.

Pertambangan memerlukan banyak insinyur untuk dikirim ke lokasi tambang. Selain mensyaratkan kemampuan teknis, posisi lain yang tidak menuntut pengetahuan dalam hal tambang di perusahaan pertambangan juga terbuka lebar bagi siapa saja, asal siap terjun ke lokasi tambang yang biasanya jauh dari kehidupan modern, sementara di pedalaman tidak banyak putra daerah yang menjadi saingan.

  1. L.     Peternakan

Bidang peternakan bukan cuma membuka peluang karir bagi lulusan peternakan. Seorang dokter hewan pun bisa berkarir di bidang ini. Penulisan yang menyangkut pemuliaan genetika atau kawin suntik merupakan bagian terpentingdari bidang peternakan yang selama ini kurang mendapatkan perhatian. Sektor ini mestinya menjanjikan peluang karir yang pasti bagi seseorang yang telah memilih karir di bidang peternakan. Nilai ekonomi dalam bidang peternakan juga dapat diandalkan. Dari ayam, selain daging, juga mendapatkan telur. Dari sapi, bisa memperoleh susu dihasilkan keju. Eksplorasi ekonomi dari bidang peternakan bisa digarap siapa saja selain lulusan fakultas peternakan. Peternakan darat khas di indonesia terbanyak adalah unggas dan sapi. Ada juga tambak udang dan ikan yang dapat digolongkan sebagai peternakan skala cukup besar. Di samping ini budidaya swike, buaya, dan budaya unta pun diusahakan orang, namun secara keseluruhan peternakan di indonesia disinyalir masih kurang bergairah. Peternakan membutuhkan tenaga ahli serta pengalaman teristimewa dalam hal perawatan dan pengembangbiakan.

  1. M.   Properti

Bidang properti menyerap banyak tenaga, mulai dari tenaga teknis (para insinyur), tenaga non teknis (administrasi pembelian dan penjualan) sampai buruh. Pada jalur karir ini menjadi perencana atau pemimpin proyek adalah jabatan yang layak diincar. Di luar bidang teknis bagi para arsitek dan insinyur sipil, semua perusahaan properti skala besar membuka peluang karir dalam bidang pemasaran/penjualan, mulai dari agen sampai direktur pemasaran. Artinya sektor pemasaran/penjualan tetap menyediakan satu tangga menuju puncak dalam bidang pembangunan properti sekalipun. Pembangunan properti dan keberadaan properti yang sudah ada menyebabkan lahirnya perusahaan pemasaran properti. Perusahaan atau agen penjualan properti free-lance yang bukan pengembang langsung ini sudah berkembang dengan baik sehingga patut menjadi tempat berkarir..

Pembangunan fisik Indonesia pasca krisis moneter mulai bergairah kembali, hal ini dapat disaksikan ada banyak sekali tempat komersial serta perumahan yang dibangun. Laju pertumbuhan sektor properti ini membuka peluang karir bagi banyak insinyur sipil dan arsitek. Pembangunan jalan raya, jembatan, serta sarana sipil lain yang berkembang beriringan dengan pembangunan properti juga sepanjang tahun mengundang partisipasi para sarjana teknik sipil dan perencanaan merintis karir.

  1. N.    Restoran dan cafe

Karir yang tidak bisa dipandang sebelah mata yaitu menjadi juru masak utama. Karir sebagai juuru masak kepala terbuka cukup lebar bagi orang-orang yang berbakat. Namun seperti bisnis lainyang menjanjikan banyak pintu sukses, menjadi juru masak pun bukan satu-satunya karir dalam usaha restoran. Meskipun tidak terlalu kompleks, karir dalam bidang usaha restoran juga tersedia hingga posisi setingkat manajer. Mengelola restoran/cafe pun tidak gampang karena memerlukan juru masak dan resep andal, tempat strategis, dekor eksotik, serta pelayan-pelayan yang ramah.

Restoran dan cafe zaman sekarang juga dibangun dan dikembangkan oleh pemilik modal yang tidak berpengalamanmengolah makanan atau meracik minuman, sehingga membuka peluang bagi para profesional yang ahli kuliner untuk mengelolanya. Tentu saja restoran dan cafe membutuhkan banyak juru masak dan bar tender jempolan. Restoran dan cafe juga telah berkembang menjadi suatu bisnis yang dapat dipandang dan ditangani sebagai sarana entertainment.

O. Telekomunikasi

Di ladang dengan kemungkinan tumbuhnya seratus juta nomor sambungan telepon, potensi yang sampai kini baru tergarap 20% menjadi indikasi bahwa usaha dalam bidang telekomunikasi akan berkembang jauh lebih pesat lagi dalam waktu dekat ini. Usaha di bidang telekomunikasi menyangkut baik sebagai operator maupun penyedia alat komunikasi berupa telepon konvensional atau telepon seluler dan termasuk juga usaha pembangunan jaringan dan infrastruktur yang menyerap banyak profesional. Telah masuknya modal besar dari luar dan pemain asing yang membawa serta teknologi canggih terbaik masing-masing membuat peluang berkarir di bidang telekomunikasi ini sangat menjanjikan.

Memperhatikan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi, sarjana teknik yang mengambil spesialisasi telekomunikasi(termasuk teknik elektro, teknik komputer, dan teknik olah data elektronis) pasti memiliki jalur karir bagus ke depan. Prasarana dan sarana telekomunikasi bagaimanapun harus merupakan produk yang bisa dijual. Selalu ada peluang karir bagi orang yang dapat merancang strategi penjualan produk dan sarana telekomunikasi.

sumber  http://lp2dalkahfi.wordpress.com/2008/03/19/menumbuhkan-jiwa-kewirausahaan-menuju-sukses-berwirausaha/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s